DBLOGGER COMMUNITY

Gampang Banget Jadi Paskibraka

6 Aug 2014 - 22:15 WIB

Latihan Paskibraka 17 Agustus 2014

Latihan Paskibraka 17 Agustus 2014

Iri yah liat temen-temen berpakaian putih rapi sambil baris-berbaris dengan salah satunya membawa baki bendera dan beberapa diantaranya bersiap untuk mengerek bendera hingga ujung tiang di hadapan presiden Indonesia. Yaa.. mereka adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA).

Fakta menjadi seorang paskibraka sangat mudah. ” Cuma modal NIAT dan KEMAUAN, bang ” kata Aditya, salah satu instruktur paskibraka tingkat provinsi. Aditya yang dijumpai saat tengah mengawasi latihan juniornya di monas - Jakarta, merupakan salah satu anggota paskibraka tahun 2013 yang berhasil tembus hingga tingkat provinsi DKI Jakarta.

Tidak sia-sia saya gunakan kesempatan itu untuk melakukan beberapa wawancara dengannya dan beberapa teman-teman lainnya :

Saya : Kamu Dipilih atau Mendaftar ?
Aditya : Mendaftar bang di Kecamatan domisili, minimal kelas 1 SMU atau sederajat, kita cuma kasih foto kopi kartu pelajar, surat keterangan sehat minimal dari puskesmas, dan surat ijin orang tua serta bisa bahasa Inggris. Kalo dari segi fisik, ya harus sehat badan kaya daftar tentara dengan minimal tinggi badan kalo cowo 165 cm dan cewe 156 cm tapi tergantung dari panitianya juga sih.

Saya : Kalo kamu tau informasi pendaftaran paskibraka dari mana ?
Tiara : Dari teman-teman paskibra di sekolah.

Saya : Harus punya pengalaman sebagai paskibraka juga di sekolah ?
Azrina : Ngga juga, yang penting rajin cari info pendaftarannya aja sama ada niat dan kemauan tuk belajar jadi paskibraka.

Saya : Berapa banyak yang minat tuk mendaftar ?
Aditya : Bisa ratusan sampai ribuan pelajar di tiap daerahnya, terutama DKI Jakarta karena punya 5 kota administratif.

Saya : Bagaimana dengan tahap seleksinya ?
Abdurahman : Kalo tingkat kecamatan cuma di tes kecakapan berbahasa dan berbicara terutama Inggris serta pengetahuan dasar PBB (Peraturan Baris-berbaris), kalo lulus administrasi, wawancara, dan dasar PBB baru di kirim ke tingkat Walikota. Kalo mau naik ke tingkat Provinsi tesnya ditambah dengan tes kedisiplinan dan PBB lanjutan yang di didik sebelumnya di tingkat walikota. Nah di tingkat provinsi, kita di tempa secara fisik maupun pendalaman PBB nya biar bisa jadi putra / putri daerah sebagai wakil di tingkat Nasional yang terdiri dari putra / putri daerah terbaik. Persaingannya ketat banget bang, karena dari setiap daerah cuma di pilih 2 orang aja tuk diajukan ke tingkat Nasional.

Saya : Apa keuntungannya gabung dengan paskibraka ?
Tiara : Diantaranya, 1. Gengsi, kalo terpilih kita bisa jadi siswa favorit disekolah. 2. Punya pengalaman seru. 3. Punya teman-teman hebat dari berbagai sekolah / daerah. 4. Kegiatannya lebih positif dari pada nongkrong di pinggir jalan. 5. Kalo daftar tentara, kedisiplinan kita ngga di ragukan lagi. 6. Kalo tembus tingkat Nasional bisa jadi putra / putri daerah terbaik. pokoknya banyak deh, bang.

Saya : Paskibraka yang tidak terpilih ke tingkat nasional, kegiatannya apa aja ?
Azrina : Kita jadi panitia upacara tingkat provinsi, biasanya dihadiri oleh gubernur.

Saya : Setelah selesai upacara bendera memperingati kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, kegiatannya apa lagi ?
Aditya : Biasanya kita menyambut tamu-tamu negara seperti duta luar negeri dan jajarannya. Di angkatan sebelumnya, mereka berkesempatan untuk menyambut Barack Obama saat berkunjung ke Indonesia. Kita juga memiliki kontrak kerja untuk mendidik adik junior kami.

Seiring berjalannya waktu dan komando ” Balik kanan, bubar jalan ” dari teman-teman instruktur lainnya kepada juniornya, maka saya juga harus membubarkan diri dari acara latihan mereka. Senang rasanya bisa bertemu dan bicara dengan mereka, semoga pengalaman ini memberi banyak informasi dan juga inspirasi untuk saya pribadi dan teman-teman yang membaca.

Latihan bawa baki bendera

Latihan bawa baki bendera

Latihan Penyerahan Bendera

Latihan Penyerahan Bendera

Instruktur Paskibraka 2014

Instruktur Paskibraka 2014

Keterangan Foto Instruktur dari kiri ke kanan :

1. Aditya dari SMU 113 Jakarta.

2. Mutiara Eka Rizky dari SMK N 38, Jakarta.

3. Abdurahman dari SMU N 14, Jakarta.

4. Azrina Ramadhani dari SMU 5 Yadika, Jakarta.

Penulis : Alfan Renata


TAGS   Paskibraka /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive