DBLOGGER COMMUNITY

Saling Berbagi Komunitas Blogger ala BloggeReaction

25 Jan 2011 - 07:19 WIB

Jam 13.30 wib. Matahari sudah mulai condong ke barat. Sinarnya tak lagi tepat menyorong ke Piazza Gandaria City. Hentakan musik yang dimainkan sekelompok band masih terdengar rancak. Ketika sekelompok orang mayoritas berkaos putih bertuliskan “BloggeReaction” berkumpul melingkar di satu sudut kanan panggung.

suasana bloggereaction

suasana bloggereaction

Sejurus kemudian terdengar teriakan kecil penyemangat.Diikuti salah satu perempuan maju persis di depan panggung dihadapan para hadirin dan mulailah mengalir kalimat-kalimat pembuka seorang master ceremony (MC). Dialah Fitri Hawa, yang bertindak sebagai MC pada acara Bloggereaction, minggu (23/1) kemarin.

Cuaca sedikit mendung meneduhkan suasana ratusan orang yang mulai berkumpul di depan panggung besar dengan big screen yang menampilkan video pendek. Setelah pengantar acara, Anjari Umarjianto mewakili panitia menyampaikan sambutan (welcome speech) kepada peserta sekaligus maksud dan tujuan BloggeReaction.Dengan berdiri di depan panggung, gayanya santai dan tidak menggunakan bahasa formal seakan mengajak dan menghilangkan sekat-sekat formalitas komunikasi dengan para peserta. Sesudah itu dilanjutkan, sambutan dari pak Mardiyoto dari Polda Metro Jaya.

tumpeng dblogger

tumpeng dblogger

Sesi berlanjut dengan talkshow yang membedah “Why do we care for safety riding“. Sebagai pembicara dari Pak Mardiyoto (Polda Metro Jaya), Edo (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia/Koboi, Andry (Jakarta Defensive Driving Consulting /JDDC, Adira Insurance, Anjari Umarjianto (Panitia Bloggereaction) dan Fitri moderator.

Dalam talkshow terungkap banyaknya meningkatkan jumlah kasus kecelakaan lalu lintas. Konon 90% kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Hal inilah yang menjadi tanggung jawab tidak hanya polisi namun berbagai elemen masyarakat termasuk blogger. Sehingga event lomba ngeblog “blogger for safety riding” merupakan langkah baik dan cerdas dalam upaya merubah mindset tentang keselamatan berkendara.

Setelah sesi talkshow selesai, dilanjutkan dengan simbolisasi merayakan hari jadi ke-2 dblogger dengan pemotongan tumpeng. Hadir perwakilan komunitas blogger ke depan untuk menyaksikan potong tumpeng oleh Eyang Anjari. Sedikit terjadi kelucuan karena Eyang kebingungan memotong dan memberikan tumpeng kepada siapa. Karena banyaknya komunitas yg hadir, maka potongan nasi tumpeng secara simbolis diberikan perwakilan dari dBlogger Suroboyo dan Dot Semarang.

Blogger Community Sharing

Blogger Community Sharing

Selanjutnya peserta Bloggereaction dihibur dengan penampilan band SkySilver untuk beberapa saat. Disambung kemudian dengan acara inti yaitu Blogger Community Sharing (BCS). Sekitar 17 komunitas blogger hadir yaitu komunitas dblogger suroboyo, dot semarang, dblogger banten, dblogger gresik, blogvaganza bandung, koboi, bunderan hi, kompasiana, blogor, blogger bekasi, blogger depok, mercusian, seruit lampung, anging mamiri makassar, pendekar tidar magelang, bumi blogger sukabumi dan kopdar jakarta.

Setiap perwakilan komunitas duduk berjejer di depan menghadap peserta Bloggereaction. Dipandu oleh Ondry Widyatmoko, penulis buku Green Kancut, didampingi oleh ‘Eyang’ Anjari. Sharing berlangsung seru dan menyegarkan. Diselingi dengan slide show pada layar lebar di atas panggung yang menggambarkan aktivitas dan apa saja yang dilakukan setiap komunitas. Ada saja yang dapat dikomentari dan mengundang tawa.

Setiap komunitas blogger mendapat giliran satu persatu memperkenalkan komunitas dan aktivitasnya dengan suasana penuh persahabatan dan kekeluargaan. Apalagi dengan pancingan pertanyaan dan celetukan dari Eyang Anjari yang kadang secara langsung memberikan pertanyaan yang to the point.

blogger

Yang menarik, hampir seluruh komunitas melakukan upaya pencerdasan kepada masyarakat terhadap blog, menulis dan dunia IT pada umumnya. Seperti blogshop bagi guru dan siswa. Kepedulian dan aksi komunitas blogger juga dilakukan dengan hal-hal yang sederhana namun penuh makna. Semisal, usaha sumbangan kambing, ayam, gerakan seribu buku dan banyak lagi. Selain itu, komunitas blogger juga menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan diantara amprokan blogger dan blogger camp.

Hari sudah menjelang sore sekitar jam 17.30 ketika Blogger Community Sharing akhirnya ditutup dengan closing statment tiap-tiap komunitas. Eyang menodong setiap perwakilan dengan pertanyaan, bagaimana pendapatnya tentang Bloggereaction dan mungkinkah diselenggarakan event bersama antara komunitas blogger? Semua komunitas menyambut baik dan mengapresiasi Bloggereaction dengan beberapa usulan perbaikan di kemudian hari. Menyangkut event bersama, mereka juga mendukung kemungkinan tersebut.

Tibalah acara yang ditunggu-tunggu, pengumuman pemenang lomba ngeblog “blogger for safety riding”. Semua nominator sebanyak 30 buah mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah. Hanya tingkatannya berbeda. 1 orang mendapatkan Blackberry dan 4 orang mendapatkan handphonedari dBlogger. Lima orang pemenang tadi ditambah 6 orang lagi juga mendapatkan paket bingkisan dari Blue Bird Group. Sedangkan 19 orang mendapatkan merchandise dari Blogdetik.

Waktu sudah menjelang petang, sekitar jam 17.00. Cuaca mendung menggantung. Sesekali ada percikan air gerimis tipis. Ketika Raditya Dika tampil di atas panggung di temani Karel Anderson. Dia menyampaikan apa saja yang dilakukan seorang blogger. Dengan gaya khasnya, Raditya menyampaikan beberapa tips tambahan pengalaman ngeblog.

panitia bloggereaction

panitia bloggereaction

Acara pun terus mengalir hingga pungkasan rundown. Penampilan Abdul & The Coffee Theory melengkapi semarak Bloggereaction, perayaan hari ulang tahun dBlogger ke-2. Semua komunitas blogger mengaku senang dapat hadir dan sharing. Panitia merasakan plong dan lega karena dapat berjalan sukses. Demikian sekilas reportase kopdar komunitas blogger ala BloggeReaction. Selamat ultah dBlogger, sukses!


TAGS   blogdetik / dblogger / bloggereaction / kopdar komunitas blogger /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive