DBLOGGER COMMUNITY

Sayangi Anak, Lindungi Kepalanya

6 Jan 2011 - 10:16 WIB

Banyak orang beranggapan, aman-aman saja memboncengkan anak asal didampingi. Anak ditempatkan sedemikian rupa diantara pengendara dan pembonceng dewasa dibelakang. Ayahnya mengendara didepan, ibu di belakang dan anak diapit ditengahnya. Sementara anak yang lebih besar duduk di depan setengah dipangku ayahnya. Dengan posisi seperti itu, rasanya sudah aman bagi anak, meskipun tanpa mengenakan helm.

bonceng-motorPadahal anak ini harus dilindungi dari angin kencang yang menerpa dadanya. Wajah terutama mata harus dijaga dari debu, benda atau binatang yang mungkin membahayakan. Kepalanya harus dilindungi dari benturan yang mungkin sangat berakibat fatal. Intinya, sang anak entah yang duduk didepan, ditengah dan yang membonceng harus aman saat berkendara.

Diakui atau tidak, kita kadang mengabaikan keselamatan anak kita. Toh, jarang sekali atau bahkan tidak pernah kita ditilang polisi karena mengabaikan keselamatan anak. Yang penting motor cukup kelengkapannya dan lengkap surat-suratnya berikut kita mengenakan helm. Rasanya semuanya sudah cukup. Seakan anak cukup terlindungi dengan dipangku atau didekap.

Seperti halnya kita orang dewasa, anak juga wajib dan berhak atas amanberkendara (safety riding). Dan ini tugas kita semua, saling mengingatkan. Hingga perilaku aman berkendara ini menjadi budaya masyarakat Indonesia. Demikian juga kita sebagai blogger memiliki potensi dan peluang yang besar terlibat dalam mensosialisasikan safety riding ini. Terima kasih bagi kawan blogger yang telah berpartisipasi dalam lomba blogger for safety riding. dBlogger masih menunggu dan mengharapkan partisipasi yang lebih luas.

Sebagai langkah berikutnya, dBlogger dengan didukung Polda Metro Jaya akan melakukan sosialisasi safety riding kepada anak-anak. Sebanyak 5 sekolah dasar yang mewakili 5 wilayah Jakarta, akan dipilih sebagai tempat pendidikan safety riding ini. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan tanggal 17 s.d 21 Januari 2011. Dan sekaligus dibagikan helm secara cuma-cuma. Dengan memberikan penyuluhan dan pemahaman safety riding, diharapkan anak-anak nanti yang mengingatkan orang tua mereka. Rasanya sulit menolak kemauan anak. Dan kita juga malu jika justru anak tercinta yang mengingatkan kita.

Materi safety riding diberikan oleh JDDC yang tentu ahlinya safety riding dibawah koordinasi mas Andry. Didukung juga dari KYT yang peduli terhadap keselamatan dan keamanan anak dalam berkendara. Jika anda sayang anak, lindungi kepalanya!

Mari kita menjadi bagian orang yang peduli safety riding!.


TAGS   blogdetik / dblogger / safety riding / blogger for safety riding / bloggereaction /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive